Bikers/skaters memang selalu punya ciri khas ketika berada di tengah komunitasnya. Mulai dari apparel yang beda, motor atau sepeda yang tak ingin tampil standar, bahkan ada pula helm yang digunakan benar-benar mencirikan karakter si biker.

Yup, bagi bikers/skaters sudah terlalu mainstream ketika helm sebagai pelindung kepala ini hanya satu warna. Pinstriping saat ini menjadi seni sendiri, karena berbeda dari yang lain alias one of a kind.

Pinstriping adalah penerapan garis cat yang sangat tipis atau bahan lain dan teknik mengecatnya menggunakan kuas pin strip secara freehand. Teknik mengecat seperti ini biasa ditemukan pada custom sepeda, motor, hingga helm.

Pinstrip mulai banyak diaplikasi pada motor kustom dan helm untuk memberikan nilai seni dan keunikan tersendiri. Hal ini pun membuat para seniman memiliki kesempatan untuk berkembang baik dalam karya dan taraf ekonomi.

Ternyata melukis dengan Teknik pinstripe tidaklah mudah, terlebih jika dilakukan pada helm. Drajat Setiyo, dari DS Customs mengatakan, dalam melakukan pengerjaan pinstripe harus sabar, tidak bisa diburu-buru.

Untuk melukis dengan teknik pinstripe, kuas yang digunakan berbeda dengan kuas seperti biasanya. Di mana, untuk melukis teknik pinstripe menggunakan kuas khusus yang dibeli dari Amerika.

Proses melukis dengan teknik pinstripe pada helm butuh waktu lama, sebelum dilukis, helm harus dibersihkan, bahkan cat bawaan helm harus dihilangkan,supaya hasil lukisan sempurna. Wajar saja, jika satu helm dihargai mulai dari Rp 300-Rp 500 ribu, tergantung tingkat kesulitannya.

Sebelum dilakukan pengecatan, helm juga harus dicuci dan dilap dengan kain yang bersih, supaya tidak ada debu atau kotoran yang menempel.

Ada tiga metode dasar untuk menerapkan pisntripe,mekanik pinstripe, stensil tape dan freehand. Masing-masing memerlukan teknik yang berbeda.

Dennis Jones, pelukis pinstripe asal Amerika, menyebutkan ada beberapa langkah untuk melukis dengan teknik pinstripe. Yakni:

1.Persiapkan thiner yang berguna untuk membersihkan kuas sisa cat.
2.Persiapkan kuas khusus pinstripe.
3.Membersihkan media yang akan dilukis dari minyak dan kotoran debu yang menempel.
4.Menentukan corak atau tema lukisan.
5.Saat memulai melukis harus tenang dan fokus.

Helm Custom-2
Helm Custom-3
Helm Custom-4