Olahraga Parkour menjadi salah satu olahraga ekstrim dan membutuhkan nyali besar. Bagi masyarakat muda di Indonesia sudah tak asing lagi. Parkour memiliki arti bergerak, di mana olahraga ini memerlukan gerakan serta kekuatan fisik yang menjalaninya.

Pergerakan dalam olahraga Parkour sangatlah menantang, tekhnik berpindah tempat dari tempat satu ke tempat lain dengan cepat, menggunakan prinsip dari parkour dan mengedepankan keindahan bergerak dan di imbangi dengan kemampuan bergerak dari tubuh itu sendiri.

Olahraga Parkour bukanlah olahraga baru, sebelumnya olahraga ini dikenal sebagai free running. Atlet yang memperkenalkan olahraga ini David Belle asal Perancis.

Meski tergolong sebagai olahraga ekstrim, Parkour memiliki nilai-nilai positif yang bisa diambil yakni seni untuk melewati semua masalah atau rintangan dalam kehidupan, melawan rasa takut, bangkit dari kegagalan, fleksibilitas dan mengalir, serta kreativitas dan kebebasan.

Gerakan dalam olahraga Parkour ini sering digunakan dalam film laga, seperti Jump Britain 1 dan 2, District 13, dan masih banyak lagi.

Saat ini Parkour mulai dikenal di seluruh dunia termasuk di Indonesia sendiri. Perlahan-lahan beberapa traceur alias pelaku parkour yang mengerti akan filosofi dan teknik dalam Parkour mulai bertambah.

Berkat pembelajaran dari beberapa informasi yang benar mengenai originalitas tentang parkour dari sumber-sumber terpercaya, lambat laun Parkour menjadi sebuah kebutuhan dan disiplin dalam setiap traceur yang memiliki pemahaman dalam jiwanya masing-masing.

 

parkour-1
parkour-2