Bermain motor trail atau motocross sangat menyenangkan, olahraga menggunakan motor penggaruk tanah ini memang berbeda berbanding menggunakan motor lainnya. Memang sama-sama melelahkan, tapi saat menjelajah dengan motor trail diperlukan tenaga ekstra dan tak mengesampingkan keselamatan.

Bermain motor trail atau cross tidak melulu melintasi jalur ekstrim ada kalanya melintasi jalur aspal, yang hanya sekitar 20% saja. Karena main motorcross akan lebih menyenangkan jika melintasi jalur tanah.

Berikut ini dua tempat bermain motor cross di Bandung yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin bermain motor trail di Bandung.

1.Sindanglaya-Palintang-Bukit Unggul Caringin Tilu
Dilansir dari situs alltrails, jalur ini awalnya dibuat manual, kemudian dimodifikasi sedemikan rupa oleh para pecinta adventure trail Bandung.

Semua medan terdapat di jalur ini, mulai jalur aspal bagus, aspal rusak, jalan batu, tanjakan dan turunan curam, single track tanah dan track tanah penuh lumpur.

Jalur ini memiliki panjang sekitar 30,5 km, rata-rata kecepatan yang bisa ditempuh 40km/jam tergantung kondisi lintasan, waktu tempuh mencapai finish sekitar 2,5 jam dan tergantung pula kondisi cuaca.

2.Gunung Manglayang
Jalur ke dua ini juga tergolong esktrim, untuk bisa ke lokasi ini bisa dimulai dari Kiara Payung Cileunyi, menyusuri jalan aspal sebagai pemanasan.

Selain memiliki jalur lumpur dan bebatuan, jalur Gunung Manglayang juga memiliki track unsur tebing dan semak belukar yang sangat lebat, bahkan terdapat jalur sungai juga.

Dari gambaran yang disampaikan di alltarils, jalur tersebut tidak layak untuk sepeda motor, karena memang sangat ekstrim dan sangat jarang pengguna motor trail yang melintasi jalur tersebut.

Disebutkan juga, jalur ini memiliki area jelajah sepanjang 37.7 km persegi dengan kecepatan rata-rata 13km/jam dan kecepatan maksimal 49 km/jam. Range elevasi jalur 721-1528 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Buat Anda yang ingin mencoba jalur ini disarankan lebih dari 2 orang, mengingat jalur ini sangat ekstrim dan masih jauh dari perkampungan penduduk. Rame-rame lebih menyenangkan!

bandung-1
bandung-2