Cara paling positif menghabiskan waktu luang cukup banyak aktivitas mulai dari olahraga sampai dengan main game online, meski hanya duduk-duduk saja di depan ponsel atau layar monitor.

Selain untuk mengisi waktu luang, main game online dijadikan sarana untuk mendapatkan penghasilan tidak sedikit para gamer yang sudah menghasilkan uang dari bermain game online yang bahkan dilakukan live streaming agar ditonton oleh penggemarnya.

Memang, ketika Anda bermain game, terkadang melupakan batasan titik jenuh akibat dibuat penasaran. Satu hal, jangan lupa perhatikan kesehatan diri Anda. Karena banyak juga gamer yang melupakan kesehatannya bahkan ada beberapa kasus sampai meninggal dunia dan lumpuh akibat kelelahan bermain game.

Untuk tetap sehat dan bisa bermain game seharian, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, supaya tidak merugikan diri Anda sendiri.

1. Istirahat
Jangan lupa untuk istirahat, luangkan waktu untuk istirahat meski hanya 30 menit. Ketika istirahat lakukan relaksasi bagian tubuh seperti punggung, leher, tangan dan kaki. Karena kebanyakan saat bermain game, bagian tubuh tersebutlah yang tak bergerak.

Sandarkan kepala sejenak agar otot yang tegang di bagian leher bisa lebih santai. Begitu juga dengan memejamkan mata, agar otot bagian mata juga ikutan santai.

2. Jaga kebersihan tempat
Biasanya para gamer tidak memperhatikan kebersihan di tempat saat mereka bermain, karena saking asyiknya bermain game terkadang membuang sampah bekas makanan dilempar begitu saja.

Sisa-sisa makanan dari bungkus makanan yang tercecer sembarangan dan terkadang dibiarkan berhari-hari di dalam kamar bisa mendatangkan hama seperti kecoa bahkan tikus kecil. Kebayangkan penyakit apa yang dibawa hewan-hewan tersebut.

Jadi, ‘pause’ sebentar game yang Anda mainkan, lihat sekeliling di manakah letak bungkus makanan sisa yang dilempar tadi. umpulkan di tempat sampah, agar bisa dibuang dengan mudah.

3. Lakukan Stretching
Jika sudah berjam-jam bermain game, para gamer sering melupakan yang satu ini. Yup, Stretching alias peregangan tubuh mulai dari kepala, tangan punggung, pinggul hingga kaki. Gerakan tubuh ini sangat penting, supaya otot-otot di bagian tubuh terasa elastis dan rasanya lebih nyaman.

Biasanya dengan melakukan stretching ini, peredaran darah lebih lancar dan bisa tenang ketika menghadapi level permainan yang lebih menegangkan. Lakukan Stretching bisa dilakukan saat Anda sedang menunggu gantian bermain atau saat sedang loading, jadi bisa dilakukan sambil duduk atau berdiri sebentar.

4.Makan dan minuman yang sehat
“Ngemil” bagi para gamers memang selalu menjadi menu utama ketika sedang tuntaskan level games yang kian menegangkan. Sehingga mengesampingkan jadwal makan yang seharusnya diolah oleh tubuh untuk menghasilkan energi.

Makanan ringan olahan yang terdapat bahan pengawet dan sering banyak dikonsumsi yang padahal waktu tubuh untuk mengolah makanan membuat ‘jeroan’ tubuh alami gangguan. Terkadang membuat bagian usus luka dan meyebabkan para gamers terserang penyakit gejala maag.

Selain itu pula mengesampingkan kebutuhan tubuh akan cairan. Seharusnya tubuh mendapat cairan sebanyak dua liter sehari. Hal ini membuat ginjal bekerja ekstra untuk membersihkan kandungan pengawet pada makanan kemasan yang kebanyakan dikonsumsi para gamers.

Disarankan bila jadwalnya untuk makanan, sebisa mungkin menghentikan kegiatan bermain games. Serta jangan lupa menyandingkan dengan botol minuman tanpa soda.

5. Jangan Bermain Game Berbahaya
Pilihlah game yang santai, jangan bermain game yang mengundang emosi. Ketika Anda bermain game yang berbahaya dan menimbulkan emosi, joystick atau keyboard pun bisa jadi sasaran kalau emosi tak terkontrol. Pasti tak disadari alat tersebut bisa dibanting, dipukul atau bahkan diinjak, dan beragam tindak kejam lainnya dengan menghancurkan layar.

Itulah beberapa tips sehat ketika games semakin seru dimainkan. Meski Anda bermain seharian tubuh tetap terjaga. Semoga bermanfaat!

game-online-1