Bagi sebagian penggemar gitar, alat musik petik yang dimainkan para musisi kelas dunia sangat diimpikan untuk dipunyai. Tapi tentu saja tak semudah itu memilikinya, perlu kantong tebal untuk menebusnya karena bersaing dengan peminat di balai lelang.

Sebut saja gitar yang pernah dipegang oleh Eric Clapton, Jerry Garcia, Bob Marley sampai Jimmy Hendrix masuk dalam jajaran gitar yang diincar para kolektor musik. Memang soulnya akan beda, meskipun sama-sama dari gitar berplatform umum dijual.

Tapi selain dari gitar-gitar yang pernah dimainkan para musisi kelas dunia, ada gitar yang belum pernah dimainkan artis namun hanya dipenuhi tanda tangan puluhan musisi.

Merupakan Reach Out to Asia project yang diorganisasi Bryan Adam dan pemerintah Qatar untuk mengumpulkan dana korban tsunami tahun 2004 di wilayah Indian Ocean.

Diyakini produsen Fender membuat gitar berkelir putih berbasis Stratocaster tersebut memakan biaya hingga Rp 300 jutaan. Namun dengan jajaran nama pemain gitar kelas dunia, di balai lelang mampu tembus $2,7 juta.

Bisa ditemui tandatangan dari Mick Jagger, Keith Richards, Eric Clapton, Brian May, Jimmy Page, David Gilmour, Jeff Beck, Pete Townsend, Mark Knopfler, Ray Davis, Liam Gallagher, Ronnie Wood, Tony Iommi, Angus and Malcolm Young, Paul McCartney, Sting, Ritchie Blackmore, Def Leppard dan Bryan Adams.

Fender